LV
LATEST UPDATES React

OBSERVATORY OF LIGHT

Ada banyak cara untuk mempresentasikan karya seni. Dipajang di dinding atau di sebuah ruang kosong museum mungkin menjadi cara yang paling umum. Namun bagaimana bila karya seni tersebut menyatu dengan museum? Adalah Louis Vuitton yang mengetengahkan hal tersebut dengan menggandeng seniman konseptual Daniel Buren untuk menampilkan karya seninya di Fondation Louis Vuitton yang bertajuk Observatory of Light.

Daniel menghiasi glass ceiling museum ini dalam 13 warna dengan pola yang seolah terinspirasi motif Damier milik Louis Vuitton. Hasilnya, bangunan arsitektural karya Frank Gehry ini tampil playful. ‘Layar’ dibentuk dari 3.600 buah kaca yang ditutupi oleh array mengejutkan berfilter yang akan menyala secara bergantian putih dan kosong garis-garis tegak lurus memantul ke tanah. Tiga belas warna yang dipilih akan muncul dan menghilang, selalu berubah seiring waktu dan musim. Melalui permainan warna, proyeksi, refleksi, transparansi dan kontras, baik di dalam dan luar, Daniel Buren akan menunjukkan bangunan ini dalam cahaya baru.

“Daniel Buren telah merancang sebuah proyek yang mengagumkan, relevan dan memesona, hasilnya adalah sebuah dialog nyata dengan Frank Gehry dan bangunan karyanya. Hasil karyanya member reaksi yang indah pada dunia arsitektur, sejalan dengan pendekatannya, kembali ke era 1970-an, yang menampilkan perpaduan beragam warna, medium transparan dan cahaya, “ terang Bernard Arnault selaku President Fondation Louis Vuitton mengenai hasil karya Daniel Buren.

Mulai dibuka untuk umum pada tanggal 11 Mei 2016, Louis Vuitton juga menghadirkan sebuah katalog yang juga dikerjakan bersama Daniel dan mengetengahkan tiga tema yakni colourtransparencylighttranslucency, dan projection. Katalog ini juga menampilkan karya Daniel dari era 1970-an hingga sekarang.