jati diri
LATEST UPDATES React

Jati Diri: Periskop Sejarah Seni Rupa

Yayasan Mitra Museum Jakarta (YMMJ) menggelar pameran sejumlah koleksi lukisan yang bertajuk “Jati Diri: Cikal Bakal Museum Seni Rupa dan Keramik Indonesia”. Tema yang dipilih pada pameran ini adalah mengenai perjuangan melawan Belanda, kehidupan masyarakat pada zaman tersebut, keprihatinan dan juga potret diri. Kategori realisme, ekspresionisme dan impresionisme merupakan tema lukisan yang dihadirkan pada kesempatan ini.

Kepala Unit Pengelolaan Museum Seni Esti Utami menjabarkan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk dedikasi untuk mengapresiasi para penyumbang koleksi awal Balai Seni Rupa, yang diresmikan pada tanggal 20 Agustus 1976, dan bergabung dengan Museum Seni Rupa dan Keramik pada tahun 1990 sampai saatini. Maya Sujatmiko selaku tim curator mengatakan bahwa pameran ini mengangkat kembali koleksi awal Museum Seni Rupa dan Keramik yang terdiri dari lukisan yang disumbangkanpadatahun 1970 hingga 1980an.

Terdapat 25 koleksi lukisan dari 16 seniman ternama Indonesia yaituAbas Alibasyah, Achmad Sadali, Affandi, Basoeki Abdullah, Batara Lubis, Dullah, Emiria Sunassa, Haryadi S, Hendra Gunawan, Henk Ngantung, Muchtar Apin, Nashar, Rusli, Srihadi, Trubus dan S. Soedjojono. Mantan gubernur Jakarta dan pelukis Henk Ngantung menghadirkan 10 sketsa yang dipamerkan pada kesempatan ini sebut saja Pertemuan Presiden Soekarno, Bung Hattadan Dr Van Hook, Hotel Linggarjati, dan Penandatangan Naskah.